Saturday, August 24, 2013

April Lalu (Walisongo Tour)

Melakukan perjalanan religi selama 12 hari dan tentu saja ini sebuah momen yang harus diabadikan. Baru kepikiran sekarang ini, mumpung ada waktu longgar Hehehe.

Bandara Juanda, SBY
Ketika mendarat di kota Pahlawan, aku langsung mencari kenangan-kenangan berupa foto ini buat disimpan :p

(15 April 2013)
FIRST DAY (Di Surabaya)
Kami sampai petang waktu setempat dan langsung shalat magrib di masjid Sunan Ampel (Raden Rahmatullah). Setelah itu kami pergi ke makam Mbah Soleh yang meninggal 9 kali, lalu setelah itu kami meluncur ke Bangkalan Madura untuk berkunjung ke Makam K.H Kholil. Kemudian balik menuju PHI Kranggan-Surabaya untuk menginap. Seingat saya kami sampai tengah malam dan langsung mandi, karena nggak tahan bo seharian kagak mandi! hehehe.

SECOND DAY (GRESIK)

Kami pergi menuju Gresik dan ziarah ke makam antara lain : Sunan Bonang, Sunan Giri (Gresik) atau pangeran Samudera, Sunan GRESIK ( Maulana Malik Ibrahim),

THIRD DAY
Sunan Drajat (Sunan Mayang Madu). Di hari ketiga kami sudah sampai di kota ini. Sebuah kota pesisir di  wilayah jawa timur. Lalu kami pergi ke pesantren perut bumi.

FOURTH DAY

Menginap
di Gunung Muria (Kudus) dan sampainya tengah malam saat mata rasanya pada lengket. Tidak mau terbuka sama sekali. Benar-benar capek tiada tara. Di hari ke empat ini kami menginap di sebuah tempat yang memang dikhususkan buat para jamaah Ziarah. Kota Kudus ternyata Dingin! (Khususnya wilayah Gunung muria,,,,Brrrrr!)
Paginya kamu ke makam Sunan Gunung Muria dan Sunan Kudus. Lalu siang harinya ke Sunan Kalijaga yang berada di Kota Demak, Kadilangu. Sempat mampir ke masjid Demak. Hanya sebentar dan menyempatkan diri naik Delman! (Baru pertama kali bo! hehehe).
Lalu pada Tengah malam, bis kami di guyur hujan yang teramat deras ketika sampai di Kota Cirebon. Kami basah-basahan menuju Sunan Gunung Jati (Syarif Hidayatullah). Tidak masalah justru di sini uniknya. Kami beli mantel atau jas hujan. Adem-adem gimana gitu suasananya, lalu setelah selesai ke makam hujan berangsur reda dan menyempatkan diri minum Ronde:-). Setelah itu kami menginap di Masjid Tambi Indramayu.

FIFTH DAY

Masjid AT-TIN

Pergi ke Masjid luar batang/lawang sewu (Jakarta) dan kami lagi-lagi di guyur hujan ketika sampai di sana. Lalu kami shalat magrib dan isya di Masjid Istiqlal Jakarta. Lalu pergi tidur di Masjid AT-TIN. Paginya kami sarapan di emperan dekat Masjid. Di sana sudah banyak pedagang menjual barang dagangannya. Lalu kami melanjutkan perjalanan menuju Depok. Ke Masjid Kubah Emas Depok. Dan perjalanan semakin terasa jauh karena Jakarta luar biasa macet tak terkendali, huft...Rasanya aku berkali-kali tidur dan terbangun tapi nggak sampai-sampai. Hehehehe.

SIXTH DAY

Di hari ke enam,  kami santai jalan-jalan ke Mall MANGGA DUA. Lalu pergi ke Pantai Ancol-Jakarta. Fiuh....Saat kami mau kembali ke bis lagi-lagi kami di guyur hujan. Sepertinya Hujan senang menemani kami setiap waktu xoxoxoxo.

SEVENTH DAY

HOTEL MELATI

Menginap di hotel melati Bandung dan sampai pada pukul 12 malam lewat dikit. Paginya kami refreshing (jalan-jalan) ke pasar baru. Di teriknya panas matahari yang menyengat kota Bandung, kami menunggu berjam-jam untuk berkumpulnya baru jamaah. Akhirnya kami dihibur oleh para pengamen jalanan untuk mengisi waktu hehehe:)

Siang hari kami berangkat menuju kota CIAMIS. Selama perjalanan ke sana kami lama di jalan akibat banjir. Macetnya Naudzubillah!  Kami menginap di Panjalu-Ciamis. :-)

EIGHTH DAY

Pagi hari yang sejuk kami pergi ke sebuah Makam (yang merupakan kaki tangan Prabu Siliwangi). Beliau bernama RADEN ADIPATI HARIANG KENCANA BIN PRABU BOROSNGORO/ H. ABDUL IMAM (Sayyid Ali Bin Muhammad Bin Umar). Lokasi Makamnya di kelilingi oleh DANAU, indah sekali. Kami menggunakan perahu wisata di sana dan banyaknya kekelawar yang melintas ke sana-kemari. Inilah foto danau yang indah itu, diambil dari dalam perahu.

DANAU SITU LENGKONG

Malam harinya kami menginap di Taman Wisata-Magelang, Borobudur. SELAMAT MALAM MAGELANG! ^^ (Aku tahan nggak mandi, habisnya badan sudah pada pegal-pegal dan pengen cepat-cepat istirahat).

NINTH DAY

Paginya kami pergi ke Candi Borobudur, lalu meluncur ke Malioboro. Setelah puas jalan-jalan pergi ke Jombang, makam GUSDUR (Sampainya di sana sekitar jam satu malam). Istirahat di Bondowoso melanjutkan ke BALI. Lalu menginap di hotel Darmadi, tepatnya jalan Kuta Raya.

TENTH & ELEVENTH DAY

Istirahat di hotel Darmadi, keesokan harinya kami jalan menuju Pantai Kuta, Pantai Tanjung Benua, dan beberapa tempat lainnya.
Pura (Di lokasi ini terdapat 5 tempat ibadah dari 5 Agama)
Tanah Lot, Bali

Pantai Tanjung Benoa

Pantai Kuta Bali
Setelah itu, kami  menuju Pelabuhan Gilimanuk-Ketapang dan meluncur ke Surabaya kembali, dan menginap di PHI_KRANGGAN.

AND THE LAST DAY

Kami Istirahat di PHI, Kranggan Surabaya dan berkemas pulang ke Samarinda!

Hari dan Kenangan indah yang tak terlupakan.